Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Santo Anthonius Menyelesaikan Pembagian Bilangan Bulat Melalui Metode Problem Solving

Oktafianus Oktafianus

Abstract


Masalah dalam penelitian ini apakah metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan operasi pembagian bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi pembagian bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode problem solving dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jumlah siswa kelas IV SD Santo Anthonius adalah 32 orang, sebagai kelompok penelitian diberi pelajaran problem solving. Variabel yang dikaji adaah aktivitas, motivasi dan hasil belajar. Data diperoleh melalui: (1) tes, (2) observasi, (3) wawancara, dan (4) catatan lapangan. Hasil peneltian menunjukkan : (a) berdasarkan hasil tes, presentasi hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan 75% pada siklus I, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,25%, (b) berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 45,26% menjadi 69,26% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi operasi pembagian bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Santo Anthonius tahun ajaran 2013/2014. Dari kesimpulan di atas dapat dikatakan bahwa penerapan metode problem solving dalam pembelajaran matematika sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung