EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI CARA BERSIKAP SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 4 PALU

Samsul Bahri, Mansyur Thalib

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang sering berperilaku kurang sopan santun kepada guru maupun kepada teman sebayanya disekolah. Tujuan utama penelitian ini untuk menjelaskan efektifitas pemberian layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data  adalah angket perilaku sopan santun. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas perilaku sopan santun siswa sebelum diberikan layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual yaitu 12% siswa memiliki kualitas perilaku yang sopan, 60% siswa memiliki kualitas perilaku yang kurang sopan, 24% siswa memiliki kualitas perilaku yang tidak sopan, dan 4% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat tidak sopan. Sedangkan kualitas perilaku sopan santun siswa sesudah diberikan layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual yaitu 8% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat sopan, 52% siswa memiliki kualitas perilaku yang sopan, 36% siswa memiliki kualitas perilaku yang kurang sopan, dan 4% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat tidak sopan. Dari hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual efektif dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa.

Kata Kunci : Cara Bersikap Sopan Santun, Perilaku Sopan Santun Siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22487/jkp.v4i1.12952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.