HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 2 DAMPELAS

Sri Wahyuni, Mansyur Thalib, Ridwan Syahran

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik soswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 317 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 100 orang siswa yang diambil secara Stratified cluser purposive sampling. Instrument  yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik kolerasi product moment pada signifikan 95% (α=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa 3% siswa yang memiliki dukungan sosial yang sangat baik, 53% siswa yang memiliki dukungan sosial yang baik, 37% siswa yang memiliki dukungan sosial yang kurang baik, 7% siswa yang memiliki dukungan sosial yang tidak baik. Selanjutnya 2% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang sangat tinggi, 26% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang tinggi, 56% siswa memiliki prokrastinasi akademik yang rendah, 16% siswa memiliki prokrastinasi akademik yang sangat rendah. Hasil analisis infrensial menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik siswa.

 

Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Prokrastinasi Akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Konseling dan Psikoedukasi



Published by:

Tadulako University

Office:

Teacher Training and Education Faculty

Guidance and Counseling Program

Address:

Gedung Dekanat FKIP Univ.Tadulako Palu Jl.Soekarno Hatta Km.9 Tondo Palu-Sulawesi Tengah.


JKP Indexed by:

 


Creative Commons License
JKP is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.