PENGARUH LAYANAN INFORMASI IKLIM KELAS YANG KONDUSIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS KELAS VIIID DI SMP NEGERI 7 PALU

Rahma Yunita, Abd. Munir, Ridwan Syahran

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif, serta apakah motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif yaitu 12,5% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 70,8% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan 16,6% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif maka terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 12,5%  siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 33,3% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 54,1% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif.

 

Kata Kunci: Iklim Kelas yang Kondusif, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22487/jkp.v4i1.12948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.