https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MIA 5 PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI DI SMA NEGERI 3 PALU | Wenas | Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MIA 5 PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI DI SMA NEGERI 3 PALU

Irene Christina Wenas, Muh. Rizal, Linawati Linawati

Abstract


Abstrak:Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MIA 5 pada materi permutasi dan kombinasi di SMA Negeri 3 Palu. Rancangan penelitian mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes siswa yag didukung dengan keterangan hasil wawancara, juga data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, serta hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas XI MIA 5 yang berjumlah 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi permutasi dan kombinasi melalui kegiatan (1) mengamati, pada langkah ini siswa mengamati pola perkalian dan uraian penyelesaian masalah pada LKS yang diberikan peneliti. (2) menanya, pada langkah ini peneliti dan siswa melakukan tanya jawab secara bebas antara guru (peneliti) dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa terkait hal yang diamati; (3) menalar, pada langkah ini, siswa mengolah data yang diperoleh untuk memperoleh kesimpulan dari metode tanya jawab yang telah dilakukan; (4) mencoba, pada langkah  ini, siswa mengerjakan beberapa latihan soal secara individu; (5) mengkomunikasikan, pada langkah ini siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan jawaban dari latihan soal yang diberikan.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pemahaman, Permutasi dan Kombinasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.