PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REFLEKSI DI KELAS XI IPA 1 SMAN 5 PALU

Muslim Rozaki, Baharuddin Paloloang, Marinus B. Tandiayuk

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi refleksi di kelas XI IPA 1 SMAN 5 Palu. Desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari  empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah  siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Palu pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 orang siswa dan dipilih 3 orang siswa dengan kemampuan yang rendah sebagai informan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diperoleh dari aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, catatan lapangan serta hasil tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi refleksi (pencerminan) di kelas XI IPA I SMAN 5 Palu melalui langkah-langkah pembelajaran, yaitu: (1) penomoran (numbering), (2) mengajukan pertanyaan (questioning), (3) berpikir bersama (heads together), dan (4) menjawab pertanyaan (answering).

Kata Kunci:   Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar,  Refleksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.