PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT, PANJANG BUSUR, DAN LUAS JURING DI KELAS VIII C SMP NEGERI 9 PALU

Riska Riski, Muh. Rizal, Linawati Linawati

Abstract


Abstrak: Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring di SMP Negeri 9 Palu. Satu diantara cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dengan melaksanakan pembelajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Karena dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW, siswa dapat menemukan sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring di kelas VIII C SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yakni  (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring di kelas VIII C SMP Negeri 9 Palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Think, siswa membaca LKS dan membuat catatan kecil secara individu, (2) Talk, siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk membahas isi catatan kecil, dan (3) Write, siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan sebagai hasil diskusi.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write; Hasil Belajar; Hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.