PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA

Didit Firmansyah, Tegoeh S. Karniman, Bakri Mallo

Abstract


Abstrak: Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora dalam menyelesaikan soal keliling dan luas lingkaran yang disebabkan siswa lupa rumus yang akan digunakan, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dapat meningkat, peneliti menerapkan metode penemuan terbimbing dan jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dengan langkah-langkah (1) Perumusan masalah, (2) Pemrosesan data (3) Penyusunan konjektur, (4) Pemeriksaan konjektur, (5) Verbalisasi konjektur, (6) dan Umpan balik. Hasil penelitian  menunjukkan pada tes akhir tindakan siklus I terdapat 17 orang siswa tuntas dan 8 orang siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 19 orang siswa tuntas  dan 4 orang siswa tidak tuntas. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora.         

Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil belajar, Keliling dan Luas  Lingkaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.