PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 18 PALU

Maryanto Maryanto, Baharuddin Paloloang, Tegoeh S. Karniman

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe TPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar, dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan memotivasi siswa untuk bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran (2) menyajikan informasi, guru mendeskripsikan secara singkat tentang fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe TPS (3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok, guru mengelompokkan siswa menjadi sepasang siswa dalam satu kelompok (4) a. think, guru meminta siswa mempelajari materi dan mengerjakan LKS secara mandiri; b. pair, guru meminta siswa mendiskusikan jawaban LKS dengan pasangannya; c. share, guru meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya; dan (5) pemberian kesimpulan, guru membimbing siswa membuat kesimpulan. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIG SMP Negeri 18 Palu yang berjumlah 27 orang.

Kata kunci:

Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian Bentuk Aljabar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.