PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 4 PALU

Diah Widyawaty, Muh Hasbi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri, melalui langkah-langkah yaitu (1) menyajikan materi, (2) memberikan bahan bacaan dan contoh mind mapping, (3) membuat mind mapping secara berkelompok, (4) presentasi dan (5) mengerjakan LKS. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 orang sedangkan pada siklus II sebanyak 27 orang.

Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, trigonometri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.