PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 PALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Teggart dengan menerapkan 4 komponen dan dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu mengikuti fase-fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) mengontrol hasil ringkasan siswa, (3) membimbing siswa untuk diskusi dan tanya jawab, (4) menyajikan informasi, (5) memberikan penghargaan, (6) membagikan modul yang disertai tugas mandiri siswa.
Kata Kunci: reciprocal teaching, hasil belajar, luas permukaan dan volume kubus dan balok
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.