PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN KESEBANGUNAN DUA SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MTs. AL-KHAIRAAT BALAMOA

Hardiana Hardiana, Baharuddin Paloloang, Gandung Sugita

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi kesebangunan dua segitiga di kelas IX MTs Al-khairaat Balamoa. Hal ini disebabkan karena siswa belum dapat memahami konsep kesebangunan dua segitiga dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penerapan teori belajar Van Hiele pada pembelajaran kesebangunan dua segitiga sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Mts. Al-khairat Balamoa? Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan naratif.

Kata Kunci: teori belajar  van  hiele, hasil belajar,  kesebangunan dua segitiga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.