PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Nurhidayah Nurhidayah, Abdul Hamid, Baso Amri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIISMP Negeri 4 Palu pada materi operasi hitung bilangan bulat mengikuti langkah-langkah yaitu (1) perumusan masalah, (2) pemrosesan data, (3) penyusunan dugaan sementara (konjektur), (4) pemeriksaan dugaan sementara (konjektur), (5) penarikan kesimpulan, (6) penerapan konsep.

Kata Kunci: Penemuan Terbimbing; Pemahaman; Operasi Hitung Bilangan Bulat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.