PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU

Desi Natalia Tompira, Abd. Hamid, Evie Awuy

Abstract


Tujuan penelitian  ini adalah untuk  memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran langsung menggunakan pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita program linear kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah peneliti­an tindakan  kelas (PTK) dan desain penelitian  yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing  siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan  hasil penelitian  ini menunjukan  bahwa penerapan pemecahan masalah Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi soal cerita program linier di kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah dan (4) melihat kembali solusi lengkap.

Kata Kunci: pemecahan masalah Polya, soal cerita dan program linear.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.