PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-KHAIRAAT TONDO

Irawati Irawati, Dasa Ismaimuza, Baso Amri

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT  yang dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Desain  penelitian  mengacu  pada  model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni kegiatan persiklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran  kooperatif  tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Tondo pada  materi persamaan  linear satu variabel. Dengan mengikuti fase-fase yaitu: pada fase 1 peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran untuk memotivasi siswa; pada fase 2 peneliti menyajikan materi persamaan linear satu variabel; pada fase 3 peneliti membagi siswa kedalam  beberapa kelompok kecil, kemudian  memberi nomor kepada setiap anggota kelompok kecil, pada fase 4 peneliti memberikan soal-soal kepada siswa dalam bentuk LKS; pada fase 5 siswa diminta untuk berfikir bersama dalam menyelesaikan soal-soal pada LKS dan peneliti memberikan bimbingan seperlunya; pada fase 6 peneliti menyebut 1 nomor dan siswa yang memiliki nomor tersebut mempresentasikan hasil LKS kelomponya di depan kelas; dan fase 7 peneliti memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.

Kata Kunci: Kooperatif  tipe Numbered Head Together, hasil belajar, persamaan linear satu variabel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.