ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU DALAM MEMAHAMI VOLUME BALOK

Priltus Andronikus Lamonta, Marinus B. Tandiayuk, Idrus Puluhulawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII  SMP Negeri 19 Palu dalam memahami volume balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan nilai rapor matematika semester ganjil. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yang dipilih dari 21 siswa yaitu masing-masing satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini adalah  (1) subjek berkemampuan tinggi dalam memahami volume balok mencapai tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan volume balok dalam bentuk gambar, menyatakan permasalahan yang diberikan kedalam bentuk model matematika yang berbentuk persamaan serta menyelesaikannya dan menyatakan suatu gambar menjadi ide atau masalah matematika yang berkaitan dengan volume balok dan dapat diselesaikan permasalahan tersebut, (2) subjek berkemampuan sedang dalam memahami volume balok mencapai dua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan volume balok dalam bentuk gambar dan menyatakan suatu gambar menjadi ide atau masalah matematika yang berkaitan dengan volume balok dan dapat diselesaikan permasalahan tersebut dan (3) subjek berkemampuan rendah dalam memahami volume balok mencapai satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan volume balok dalam bentuk gambar.

Kata Kunci: Analisis, kemampuan komunikasi matematis, volume balok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.