PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAOPA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan blok aljabar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Taopa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desainnya mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan blok aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taopa pada materi pemfaktoran bentuk aljabar, dengan fase-fasenya yaitu: 1) penyampaian tujuan dan motivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) penomoran, 4) pengajuan pertanyaan, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban dan 7) pemberian penghargaan.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, blok aljabar, pemfaktoran bentuk aljabar.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.