HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU

Intan Rukmana, Muh. Hasbi, Baharuddin Paloloang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara Adevrsity Quotient dengan hasil belajar matematika siswa di kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu. Sebanyak 44 orang siswa dipilih sebagai sampel dengan menggunakan dua teknik sampling, yaitu disproportionate stratified random sampling dan cluster random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket Adversity Quotient (AQ) oleh responden, sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh melalui teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan mengguakan teknik korelasi regresi. Hasil analisis data menunjukan koefisien korelasi antara variabel Adversity Quotient dengan variabel hasil belajar matematika sebesar , dan . Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Adversity Quotient dengan hasil belajar matematika Siswa Kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu. Koefisien determinasi yang diperoleh yaitu  menunjukkan bahwa Adversity Quotient  memberikan pengaruh sebesar 43,1% terhadap hasil belajar matematika, dan pengaruh sebesar 56,9% diberikan oleh variabel lain.

Kata kunci: Adversity Quotient, Hasil Belajar, Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.