HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALU

Ramadhani Ramadhani, Baharuddin Paloloang, Sukayasa Sukayasa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional untuk melihat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palu yang terdiri dari 12 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling (randomisasi kelompok). Diperoleh tiga kelas sampel penelitian yaitu kelas VII C, VII F, dan VII H. Jumlah siswa yang menjadi sampel adalah sebanyak 73 orang. Pengumpulan data menggunakan dua intrumen yaitu, data kecerdasan emosional dengan kuisioner kecerdasan emosional dan  data hasil belajar diperoleh dari nilai raport. Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi . Nilai  untuk  dengan taraf signifikansi 5% diperoleh . Nilai      maka diputuskan menerima hipotesis awal (H0) dan menolak hipotesis alternativ (H1). Artinya, tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palu.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.