https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PALU | Ifanali | Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako

PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PALU

Ifanali Ifanali

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan metode Polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pecahan pada siswa kelas VII  SMP Negeri 13 Palu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, tes tertulis, serta catatan lapangan. Data yang diperoleh disajikan secara kualitatif dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan di kelas VII SMP Negeri 13 Palu, empat langkah Polya, yaitu: (1) Memahami masalah, 2) menyusun  rencana, 3) melaksanakan rencana, dan 4) mengecek kembali jawaban yang diperoleh.

 

Kata kunci: Langkah-langkah Polya; Kemampuan Pemecahan Masalah; Soal Cerita Pecahan;

 

Abstract: The purpose of this study was to obtain a description of the application of Polya’s method to enhance the problem solving fraction word problems in the seventh grade students of SMP Negeri 13 Palu. This type of research is a classroom action research with the study design refers to the model of Kemmis and Mc. Taggart which consists of 4 components: 1) Planning, 2) Implementation of action, 3) Observation and 4) Reflection. In this study, data were collected through observation sheets, interviews, written tests, and field notes. The data obtained are presented qualitatively and quantitatively analyzed. The results show that the learning using Polya steps can increase students' problem solving ability in solving word problems in class VII fractions SMP 13 Palu, Polya's four steps, namely: (1) Understanding the problem, 2) develop a plan, 3) execute the plan, and 4) richeck answers obtained.

Keywords: Polya steps; Troubleshooting capabilities; Stories about Smithers;


Keywords


Polya steps; Troubleshooting capabilities; Stories about Smithers;

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.