PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 6 PALU

Arifa Nur Ayu, Dasa Ismaimuza, Sutji Rochaminah

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada materi nilai mutlak yang dilihat dari masih banyak siswa yang memperoleh nilai <  65 dengan ketuntasan belajar klasikal 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi nilai mutlak di  kelas X MIA 1 SMAN 6 palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA 1 SMAN 6 Palu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 10 siswa dengan persentase ketuntasan 53% dan pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 14 siswa dengan persentase ketuntasan 82%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan sembilan tahap sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) menyajikan informasi, 3) bekerja berpasangan, 4) pelatih mengecek, 5) pelatih memberi pujian, 6) pelatih dan penyaji bertukar peran , 7) pasangan mengecek 8) evaluasi, 9) perayaan kelompok.

Kata Kunci: Pair Check, Prestasi Belajar, Nilai Mutlak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.