PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KARUNA DIPA PALU DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Andryanto Tahir, Mustamin Idris, Muh Rizal

Abstract


Abstrak:. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh profil berpikir kreatif siswa SMP Karuna Dipa Palu dalam memecahkan masalah Aljabar. Jenis penetian ini adalah penelitian kualitatif dengan indikator yaitu keterampilan berpikir lancar, keterampilan berpikir orisinal dan keterampilan berpikir terperinci. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII SMP Karuna Dipa Palu yang bergaya kognitif FI dan FD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI dan FD memiliki semua indikator  berpikir kreatif (berpikir lancar, berpikir orisinal dan berpikir rinci Profil berpikir kreatif siswa FI yaitu: a) siswa FI cenderung menggunakan cara yang sering digunakan terlebih dahulu dalam menyelesaikan suatu masalah yang dianggap cukup sulit, b) siswa melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pekerjaannya, c) siswa mampu memberikan jawaban yang baru dan unik dengan mengembangkan pola berpikir atau pengetahuan siswa sebelumnya sehingga memunculkan jawaban yang baru dan unik, d) siswa memberikan lebih dari satu jawaban  jawaban yang relevan.. Profil berpikir kreatif siswa FD yaitu : a) siswa kesulitan membuat langkah awal dalam menyelesaikan suatu masalah,  b) siswa FD cenderung menggunakan cara yang sering digunakan terlebih dahulu dalam menyelesaikan suatu masalah yang dianggap sulit, c) siswa memberikan 2 jawaban yang relevan, d) siswa memberikan langkah-langkah yang baru dalam menyelesaikan soal.

 

Kata Kunci : Profil Berpikir Kreatif, Aljabar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.