Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 8 Palu
Abstract
Keywords
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Dahlan. (1984). Model-model mengajar. Bandung: CV.Diponegoro.
Elisa. (2014). An analysis of the second year students’ ability of SMAN 1 suliki in rearranging scrambled sentences into a good hortatory exposition text. e-jurnal Bung Hatta, 3(5), 1-8. [Link]
Glason, G. E. & Lalik, R. V. (1993). Reinterpreting the learning cycle from social constructivist perspective: A qualitative study of teachers beliefs and practices. Journal of Research in Science Teaching, 30(2), 187-207. [Link]
Gustiana, M. (2012). Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Scramble Dengan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips 4 Sma Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Medan. Tidak Diterbitkan.
Momitha, D. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 3 banawa. Skripsi Sarjana pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD Palu. Tidak Diterbitkan.
Nasution, A. (2014). Perbedaan media handout dan media scramble dengan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Skripsi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan. Tidak Diterbitkan.
Prawoto, A. (2012). Pembelajran dengan pendekatan based brain learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Thesis Pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.
Purba, M. (2006). kimia untuk SMA/MA kelas X. jakarta: Penerbit Erlangga.
Rustam, A. & Adli, M. (2016). Improving the results of math learning through scramble cooperative model with the approach of contextual teaching and learning model. Journal of Mathematics Education, 1(1), 7-14. [Link]
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning, second edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sudjana, N. (2002). Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. & Ibrahim. (2012). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tran, V. D. (2014). The effects of cooperative learning on the academic achievement and knowledge retention. International Journal of Higher Education, 3(2), 131-140. [Link]
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresiv. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By