Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Mind Map terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Redoks di Kelas X SMA Negeri 5 Palu
Abstract
Keywords
References
Aini, F. N. (2011). Identifikasi pemahaman konseptual siswa kelas XII IPA-1 dan XII IPA-2 SMA Negeri 6 Malang Tahun ajaran 2010/2011 pada materi aplikasi reaksi redoks dan elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi Sarjana pada Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7), 11-21. [Link]
Buzan, T. (2007). Buku pintar mind map untuk anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, N. D. L. (2012). Pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap keterampilan proses IPA dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMP. Skripsi Sarjana pada Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamdu, G. & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86. [Link]
Kuhlthau, C. C. (2010). Guided inquiry: School libraries in 21st century school. School Libraries Worldwide, 16(1), 17-28. [Link]
Lukman, L. A., Martini, K. S. & Utami, B. (2015). Efektifitas metode pembelajaran project based learning disertai media mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid di kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 113-119. [Link]
Maliha, M. (2011). Pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi (quasi eksperiment di kelas XI IPA SMAN 1 Leuwiliang). Skripsi Sarjana pada Program Studi Pendidikan Kimia FTK UIN Syarif Hidayatullah.
Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(2), 1-6. [Link]
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustapa, K. (2009). Efektivitas pembelajaran problem posing dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa kimia universitas Tadulako. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mutrovina, N. & Syarief, S. H. (2015). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi-oksidasi di kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3), 466-471. [Link]
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, C. A. I., Putra, K. N. D. & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-11. [Link]
Roestiyah, N. K. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, R. D. (2010). Strategi pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin, Sutikno & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 58-62. [Link]
Wigiani, A., Ashadi & Hastuti, B. (2012). Studi komparasi metode pembelajarn problem posing dan mind mapping terhadap prestasi belajar dengan memperhatikan kreativitas siswa pada materi pokok reaksi redoks kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1-7. [Link]
Wiyatsih, K. (2011). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari pada materi reaksi redoks. Skripsi Sarjana pada Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.
Wulandari, A. D., Kurnia & Sunarya, Y. (2013). Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 18-26. [Link]
Zawadzki, R. (2010). Is process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) suitable as a teaching method in Thailand’s higher education. Asian Journal on Education and Learning, 1(2), 66-74. [Link]
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By