Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Palu
Abstract
Keywords
References
Ahmad, & Jazuli, A. (2009). Jigsaw type of cooperative learning as a means of improving high school students mathematical communication ability. International Journal For Educational Studies, 1(2), 207-218.
Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.
Cang, C. Y., & Mao, S. L. (1999). The effects on student’s cognitive achievement when using the cooperative learning method in earth science classrooms. School Science and Mathematics, 99(7), 374-379.
Creswell, J. W. (1994). Research design qualitative & quantitative approaches. U.S.A: SAGE Publication.
Gillies, R. M. (2003). The behaviors, interactions, and perceptions of junior high school students during small-group learning. Journal of Educational Psychology, 95(1), 137-147.
Gillies, R. M., & Boyle, M. (2010). Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. Teaching and Teacher Education, 26(3), 933-940.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53-57.
Kariasa, I. W. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kimia di SMAN 1 Nusa Penida. Jurnal Ilmiah Disdikpora Kabupaten Klungkung, 1(1), 1-11.
Manning, M. I., & Lucking, R. (1991). The what, why and how of cooperative learning. Journal Social Studies, 82(5), 67-75.
Mengduo, Q., & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw strategy as a cooperative learning technique: Focusing on the language learners. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(4), 113-125.
Palennari, M. (2011). Potensi strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(2), 26-33.
Resor, C. (2008). Encouraging students to read the text: The jigsaw method teaching history. A Journal of Methods, 28(5), 111-113.
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugianto, Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 114-128.
Supini, & Manurung, B. (2010). Pengaruh pembelajaran koopera tif tipe jigsaw dan teknik peta pikiran terhadap hasil belajar sistem regulasi di SMAN 1 Lubukpakam. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 69-145.
Suwarno. (2007). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif jigsaw (ptk pada siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Sukoharjo). Jurnal Pendidikan, 16(2), 137-150.
Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), 20-37.
Yulaikah, M. (2013). Penerapan jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 6(4), 1-8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By