Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Marawola Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Buzz Group Dan Konvensional Pada Materi Sistem Periodik Unsur
Abstract
Keywords
References
Anggraeni, D. (2011). Improving social instructional quality by cooperative model, course review horay type at fourth SDN Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 194-205.
Anggriani, W., Ariani, S. R. D. & Sukardjo, J. (2012). Pengaruh pembelajaran kimia dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) melalui metode eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar ditinjau dari minat berwirausaha siswa pada materi destilasi kelas X SMKN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1).
Chrisnawati, H. E. (2007). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (studend team achievement division) terhadap kemampuan problem solving siswa SMK (teknik) swasta di Surakarta ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal MIPA, 17(1), 65-74.
Fatmawati, A. (2011).Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dan kreativitas terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Gugus V Ampenan Kota Mataram tahun pelajaran 2009/2010. Ganeç Swara, 5(2), 39-44.
Handayani, F. (2010). Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 173-174.
Hadi, M. N., & Joko. (2013). Studi komparasi hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe buzz group dan model pembelajaran langsung. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1), 81-88.
Lestari, B. K. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 1(4).
Primartadi, A. (2013). Pengaruh metode student teams-achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143-153.
Suryana, F. A., & Sunarti, T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada materi ipa terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains-Pensa, 1(1).
Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 1(2).
Suseno, B. (2008). Peningkatan motivasi dan hasil belajar materi system reproduksi invertebrate melalui optimalisasi penggunaan media charta dengan metode pembelajaran kooperatif model TGT kelas X1 SMA Negeri 1 Wuru Sukoharjo Tahun 2007/2008. Widyatama, 14(2), 61-69.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, H. B. (2007). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yahya, M. N., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengembangan perangkat model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada standar kompetensi mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1).
Zarkasyi, I. (2010). Meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui cooperative learning tipe student teams achievement division pada siswa-siswi kelas Vb SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By