Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Topik Penamaan Senyawa Dan Persamaan Reaksi Di Kelas X SMA Negeri 1 Dampelas
Abstract
Keywords
References
Aeninah, R. (2012). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas xi pada pembelajaran hidrolisis menggunakan model pembelajaran problem solving. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Afrizon, R. Ratna, W., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX MTsN model padang pada mata pelajaran ipa-fisika menggunakan model problem based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 1(1), 1-16.
Amin, S. (2011). Metode make a match: Tujuan, persiapan, dan implementasinya dalam pembelajaran. Diunduh kembali dari http://saifulamin.blogspot.com/2011/02/ metode-make match-tujuan-persiapan dan-implementasi-pembelajaran.html.
Anisabitah, N., & Sunarti T. (2012). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di mtsnu trate gresik. Jurnal Ilmiah. 1(1), 106-112.
Astika, N., & Nyoman, N. A. (2011). Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Informatika. 3(2), 110-117.
Cahyadi, D. F. Suciati., & Probosari, R. M. (2012). Penerapan blended learning dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 4 Putra SMA RSBI Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(1), 15-22.
Costa, A. L. (1985). Developing minds book for teaching. Virginia: Association For Supervision and Curiculum Development.
Dike, D. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model TASC (thinking actively in a social context) pada pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian. 15-29.
Febriana, A. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Kalibanteng kidul 01 kota Semarang. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar, (2), 151-161.
Hasrudin. (2009). Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimeds, 6(1), 48-60.
Karina, I., Warastiti, N. H., Marlina, R., Suyanto, I., & Suryandari, K. C. (2012). Peningkatan pembelajaran di sekolah dasar dengan model kooperatif tipe make a match. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1), 61-68.
Kristiana, E. (2012). Penggunaan media komputasi dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa. Palu: Jurusan Kimia FMIPA UNTAD.
Kusumaningsih, D. (2011). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas x-c sma n 11 Yogyakarta melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi perbandingan trigonometri. (Skripsi tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Matematika, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Megawati, N. D. Y., & Sari, A. R. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (tai) dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akutansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjar Negara tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akutansi, 10(1), 162-180.
Mulyarsih. (2010). Improving social science achievement through make a match cooperative learning model at students of year IV Harjowinangun 01 primary school. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 97-105.
Ngalim, P. (2001). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningrum, F. A. (2012). Pengaruh model cooperative learning teknik make a match terhadap hasil belajar ips kelas IV SD Negeri Limbasari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah tahun ajaran 2011/2012. (Skripsi tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY.
Purnamasari, M., Sukardjo, J. S., & Nugroho, A. (2013). Studi komprasasi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan MM pada materi koloid terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA negeri Kebak kramat tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1), 67-72.
Rahmadianti, W. (2011). Improving student’s motivation to learning math by cooperative learning technique make a match. Department of Mathematics Education: Yogyakarta State University.
Rohendi, D., Waslahudin., & Ayu, P. S. (2010). Penerapan cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Inormasi dan Komunikasi (PTIK), 3(1), 10-11.
Rosid, A., & Djaelani, R. W. (2012). Peningkatan kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Jepang dan Belanda dengan model kooperatif tipe make a match. Jurnal Pendidikan Sejarah. 2(12), 1-4.
Sari, D. D. (2012). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. (Skripsi tidak diterbitkan). Prodi pendidikan ilmu pengetahuan alam. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Widiiyaka, A. D., & Ismail, R. M. (2012). Peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model kooperatif tipe make a match. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(12). 2-6.
Yensy, N. A. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 10(1), 28.
Yusuf, (2012). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (tsts) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada kelas X SMK Ardjuna 2 Malang). Jurnal Yusuf September 2012, 1-13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By