Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Komputasi Pada Materi Struktur Atom Kelas X MAN Biau

Zakiyah S. Rewa, Ratman Ratman, Irwan Said

Abstract


This research was conducted using cooperative learning model think pair share an computing media and the atomic structure chosen as it is abstract. The use of models of learning chemistry applied these days make the student seen as passive listeners in teaching and learning process. This study aims to improve students’ learning outcomes in chemistry using cooperative learning model Think Pair Share and computational media. The population in this study were tenth grade student of MAN Biau academic year 2013/2014 with a sample of the class XC as the experimental class (implementing cooperative learning model based media computing TPS) and XB class as the control class (without implementing cooperative learning model TPS – Based media computing). The result showed that the mean score on the experimental class = 70 and the control class = 53 with normal distribution and homogeneous variance. Based on the t test testing hypothesis on right side test, the t test obtained = 5.57 > t table = 1,68 with a significance level (α) = 0.05. The results showed that the learning outcomes of the students in experimental class using cooperativ learning model based media Think Pair Share computing was better than the control class on the atomic structure material (H0 rejected H1 accepted).

Keywords


Cooperative Learning Model TPS, Media Computing, Learning outcomes, Structure of the atom

References


Andriani, D. G., Atmojo, T. & Mardiyana. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II dan think pair share ditinjau dari kecerdasan emosional siswa SMP Se-Kota Kediri tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 7(1), 651-660.

Azizah, N. (2008). Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk aktivitas siswa dan hasil belajar matematika anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 1-16.

Desstya, A., Haryono dan Saputro, S. (2012). Pembelajaran kimia dengan metode teams games tournaments (TGT) menggunakan media animasi dan kartu ditinjau dari kemampuan memori dan gaya belajar siswa. JURNAL INKUIRI, 1(3), 177-182.

Fatmawati, A. (2011). Pengaruh pembelajaran koopertif tipe think pair share (TPS) dan kreativitas terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Gugus V Ampenan Kota Mataram tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 39-44.

Ibrahim, A. R. (2010). Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa melaui penerapan model pembelajaran think pair and share pada mata kuliah kimia dasar I. FORUM MIPA, 13(2), 77-81.

Iriani, R., Suharto, B. & Fajar. (2009). Penggunaan animasi 3D dalam pembelajaran struktur atom. Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 7(11), 59-72.

Juriyah, S. (2009). Eksperimentasi pembelajaran kimia dengan model cooperative learning tipe jigsaw dengan materi pokok struktur atom untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Kurniawan, H. & Istiningrum, A. A. (2012). Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi kompetensi dasar menghitung mutasi dana kas kecil siswa kelas X akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 114-134.

Kusuma, F. W. dan Aisyah, M. N. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 43-63.

Muna, K. (2010). Penerapan pembelajaran think pair and share (TPS) untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII-B SMP IT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2009/2010. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Prastowo, W. A. E. (2009). Model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi materi laporan keuangan perusahaan dagang kelas XII IPS-1 SMA Negeri 3 Semarang tahun 2009/2010. Jurnal DIDAKTIKA, 1(4), 797-810.

Rasmawan, R. (2010). Penerapan model problem posing bersetting kooperatif tipe think pair share pada topik asam basa untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 55-64.

Rizana, D., Usodo, B., & Mardiyana. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan quantum learning pada pokok bahasan statistika ditinjau dari minat belajar siswa kelas XII SMK kelompok teknologi Se-Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013, 1 (2). Diunduh kembali dari http://jurnal.pasca.uns.ac.id/ index.php/mat/article/view/216/206.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi konsep klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75-81.

Santoso, T. & Sukarmin. (2013). Pengembangan media pembelajaran blog kimia berbasis mobile education. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 28-32.

Sutrisno, Mardiyana & Usodo, B. (2013) Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS dengan pendekatan SAVI terhadap prestasi dan motivasi belajar ditinjai dari gaya belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661-671.

Widodo, J. (2007). Efektifitas penggunaan metode think pair share dalam pembelajaran ekonomi pokok bahasan pembentukan harga pasar di SMP. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 105-122.

Yudarti, E., Sudjarwo, H., & Adelina. (2011). Penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa di SMAN 2 Bandar Lampung. (Tesis, tidak dipublikasikan). Lampung: Universitas Lampung.

Yulianti, V. (2012). Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185

CODEN: JAKUA7


Creative Commons License

Jurnal Akademika Kimia
by Universitas Tadulako is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak

Indexed By

Crossref WorldCat PKP Index OneSearch BASE Scholar GARUDA Sinta Neliti Mendeley