Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Komputasi Pada Materi Struktur Atom Kelas X MAN Biau
Abstract
Keywords
References
Andriani, D. G., Atmojo, T. & Mardiyana. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II dan think pair share ditinjau dari kecerdasan emosional siswa SMP Se-Kota Kediri tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 7(1), 651-660.
Azizah, N. (2008). Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk aktivitas siswa dan hasil belajar matematika anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 1-16.
Desstya, A., Haryono dan Saputro, S. (2012). Pembelajaran kimia dengan metode teams games tournaments (TGT) menggunakan media animasi dan kartu ditinjau dari kemampuan memori dan gaya belajar siswa. JURNAL INKUIRI, 1(3), 177-182.
Fatmawati, A. (2011). Pengaruh pembelajaran koopertif tipe think pair share (TPS) dan kreativitas terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Gugus V Ampenan Kota Mataram tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 39-44.
Ibrahim, A. R. (2010). Upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa melaui penerapan model pembelajaran think pair and share pada mata kuliah kimia dasar I. FORUM MIPA, 13(2), 77-81.
Iriani, R., Suharto, B. & Fajar. (2009). Penggunaan animasi 3D dalam pembelajaran struktur atom. Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 7(11), 59-72.
Juriyah, S. (2009). Eksperimentasi pembelajaran kimia dengan model cooperative learning tipe jigsaw dengan materi pokok struktur atom untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Kurniawan, H. & Istiningrum, A. A. (2012). Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi kompetensi dasar menghitung mutasi dana kas kecil siswa kelas X akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 114-134.
Kusuma, F. W. dan Aisyah, M. N. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 43-63.
Muna, K. (2010). Penerapan pembelajaran think pair and share (TPS) untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII-B SMP IT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2009/2010. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Prastowo, W. A. E. (2009). Model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi materi laporan keuangan perusahaan dagang kelas XII IPS-1 SMA Negeri 3 Semarang tahun 2009/2010. Jurnal DIDAKTIKA, 1(4), 797-810.
Rasmawan, R. (2010). Penerapan model problem posing bersetting kooperatif tipe think pair share pada topik asam basa untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 55-64.
Rizana, D., Usodo, B., & Mardiyana. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan quantum learning pada pokok bahasan statistika ditinjau dari minat belajar siswa kelas XII SMK kelompok teknologi Se-Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013, 1 (2). Diunduh kembali dari http://jurnal.pasca.uns.ac.id/ index.php/mat/article/view/216/206.
Rohwati, M. (2012). Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi konsep klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75-81.
Santoso, T. & Sukarmin. (2013). Pengembangan media pembelajaran blog kimia berbasis mobile education. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 28-32.
Sutrisno, Mardiyana & Usodo, B. (2013) Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS dengan pendekatan SAVI terhadap prestasi dan motivasi belajar ditinjai dari gaya belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661-671.
Widodo, J. (2007). Efektifitas penggunaan metode think pair share dalam pembelajaran ekonomi pokok bahasan pembentukan harga pasar di SMP. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 105-122.
Yudarti, E., Sudjarwo, H., & Adelina. (2011). Penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa di SMAN 2 Bandar Lampung. (Tesis, tidak dipublikasikan). Lampung: Universitas Lampung.
Yulianti, V. (2012). Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By