Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Hidrokarbon SMA Negeri 1 Dolo
Abstract
Keywords
References
Alfiah. (2009). The action planner. 3rd edition. Melbourne: Deakin University.
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Desstya, A., Haryono, & Saputro, S. (2012). Pembelajaran kimia dengan metode teams games tournamenst (TGT) menggunakan media animasi dan kartu ditinjauh dari kemampuan memori dan gaya belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3), 177-182.
Falvo, D. A. (2008). Animations and simulationsfor teaching learning moleculer chemistry. Intenational Journal of Technology in Teaching and Learning, 4(1), 68-77.
Febriayani, S., Sri, M. & Suryadi, B. U. (2014). Penerapan model pembelajaran make a match berbantuan power point dilengkapi LKS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pokok bahasan isomer dan reaksi senyawa hidrokarbon kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3(2), 82-87.
Febriana, A. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatig tipe make a match untuk meningkatkan kualitas pembelajran IPS siswa Kelas V SDNKalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Semarang: KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. 1(2), 151-161.
Haryantika, V. A. (2011). Upaya peningkatan kemampuan interpersonal melalui pemberian layanan bimbingan kelompok bagi siswa Kelas XII otomotif SMK Negeri 2 Wonogiri. Jurnal Pendidikan Provision, 2(1), 2303-1174.
Holbrook, J. & Rannikmae, M. (2007). The nature of science education for enhancing scientific literacy. Intenational Jurnal of Science Education 29(11), 1347-1362.
Jati, H. & Inayah, N.(2010), Peningkatan keaktifan dalam KBM dan prestasi belajar peserta didik melalui teknik pembelajaran mencari pasangan (make a match) di SMK Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2010/2011, Jurnal Penelitian Kependidikan. (3), 15-19.
Lie, A. (2010). Cooperative learning mempraktekkan cooperative learning di ruang kelas. Jakarta: Grasindo.
Mariati, M. R. & Riska, C. N. (2012) Penerapan model apprentice training yang berwawasan konstruktivisme dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13( 2), 25-33.
Mulyarsih. (2010). Peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif make a match pada siswa Kelas IV SDN Harjowinangun 01, Tersono Batang (improving social science achievement through make a match cooperative learning model at students of year iv harjowinangun 01 primary school, tersono batang). KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. 1(1), 602-804.
Purnamasari, M., Sukardjo, J. S., & Nugroho, C. S. (2013). Studi komparasi pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan make a match (MM) pada materi koloid terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 67-72.
Putra, G. A. (2012). Penerapan model pembelajaran course review horaypada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. 1(4),709.
Rohendi, D., Waslaluddin, & Ayu, S. P. (2010). Penerapan cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), 3(1), 11-15.
Setyawati, N. (2010). Peningkatan hasil belajar IPA dalam mengidentifikasi perkembangbiakan tumbuhan melalui metode kerja kelompok pada siswa Kelas VISD Negeri I Pondok, Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2010/ 2011. Jurnal Pendidikan Provision, 2(1), 21-59.
Suhari. (2010). Peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar teori memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas XII SMK negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Provision, 2(1), 646-655.
Yasbiati. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Cintaratu tentang fungsi bagian tumbuhan. Jurnal Pendidikan Provision, 2(1), 28-37.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By