Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Palu

Desi Eka Fajaryanti, Vanny M. A. Tiwow, Nurdin Rahman

Abstract


The purpose of this research was to investigate the students’ learning outcomes toward the use of cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) on the topic of atomic structure to the tenth year students of SMA 2 Palu. The method used was an experimental research. The population was the tenth year students of SMA 2 Palu in the academic year of 2012/2013. The research used purposive sampling technique (based on the specific reason: the two classes have the same average scores of class). The sample consisted of 32 X-A students as the experimental class (Think Pair Share (TPS) technique) and 32 X-D students as the control class. The data collection was through test on atomic structure. The testing of research data used statistic analysis one tale t-test (right) by employing its prerequisite test of normality and homogeneity. The average score of the experimental class was 12.63 with the deviation standard of 2.82 and of the control class was 9.89 with the deviation standard of 2.70. Based on the hypothesis testing, it was found that tcounted value >ttable or 3.98 > 1.66 with degree of significance of 00.5 and degree of freedom = 62. The Ho was rejected. It is concluded that the learning outcome by using cooperative learning of Think Pair Share technique on the topic of nuclear structure is higher than that of the conventional technique.

Keywords


Think Pair Share, Learning Outcome, Atomic Structure

References


Anggriani, V. (2012). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Sumbar. Jurnal Ilmiah Admathedu, 2(1), 93-104.

Anni, C. (2004). Psikologi belajar. Semarang: UNNES.

Azizah, N. (2008). Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share untuk aktivitas siswa dan hasil belajar matematika anak tuna rungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa,4(1), 1-16.

Christianti., Sudarmin., & Subroto, T. (2012). Model pembelajaran guided note taking berbantu media chemo-edutainment pada materi pokok koloid. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 27-31.

Cooper, M. (1995). Cooperatif learning. Journal of Chemical Education,72(2), 162-164.

Fitriadi, Y. (2011). Uji pengaruh penggunaan instruksi pembelajaran gagne dalam lingkungan pembelajaran multimedia berpusat pada siswa. Diunduh kembali dari http://yoza-fitriadi.blogspot.com/2011/01/ uji-pengaruh-penggunaan- instruksi.html.

Mardianti. (2012). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Jurnal Evaluasi Pendidikan,1(1), 46-61.

Nisak, K. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu tipe connected pada materi pokok sistem ekskresi untuk IX SMP. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(1), 81-84.

Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo., & Ifada Khida, E.N. (2010). Pengaruh validitas dan reliabilitas butir soal ulangan akhir semester bidang studi kimia terhadap pencapaian kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,4(1), 567-573.

Rasmawan, R. (2010). Penerapan model problem bersetting cooperatif tipe think pair share pada topik asam basa untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 55-64.

Rohendi, D., Sutarno, H., & Waryuman, S, R. (2010). Penerapan metode pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Ptik), 3(1), 33-37.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sholatin, A., & Yuanita L. (2012). Pelatihan tanggung jawab dan disiplin siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi sistem koloid. Jurnal Pendidikan Kimia,1(2), 1-6.

Sudaryatno, A. (2010). Berbagai jenis media pembelajaran. Diunduh kembali dari http:// arisudaryatno.blogspot.com/2010/05/ berbagai-jenis-media-pembelajaran.html

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryana, F. A., & Sunarti, T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi ipa terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(1), 77-80.

Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa di SD. Journal of Primary Educational, 1(2), 71-77.

Tarmuzi, A. (2011). Peranan guru dalam pengembangan pendidikan karakter. Diunduh kembali dari http://edukasi.kompasiana.com/2011/10/28/peranan-guru-dalam-pengembangan-pendidikan-karakter-di-sekolah/.

Triwinarto, R., & Sukarmin. (2012). Penerapan zuma chemistry game dengan kooperatif tipe tgt (teams games tournament) pada materi unsur, senyawa, campuran di MTsN Surabaya II. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 180-188.

Tuminah. (2009). Penerapan strategi pembelajaran student team achievement division untuk meningkatkan pembelajaran matematika di SD. Jurnal Lemlit, 3(2), 31-38.

Zarkasyi, I. (2010). Meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui cooperative learning tipe student teams achievement division pada siswa-siswi kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 11-24.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185

CODEN: JAKUA7


Creative Commons License

Jurnal Akademika Kimia
by Universitas Tadulako is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak

Indexed By

Crossref WorldCat PKP Index OneSearch BASE Scholar GARUDA Sinta Neliti Mendeley