Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia Di Kelas X SMA Negeri 1 Sausu
Abstract
Keywords
References
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi-diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91-97.
Arum, R. N. K., & Lutfi, A. (2012). Memotivasi siswa belajar materi asam basa melalui media permainan rangking one chemistry quiz. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 174-179.
Fajri, L., Martini, K. S., & Nugroho, A. (2012). Upaya peningkatan proses dan hasil belajar kimia materi koloid melalui pembelajaran kooperatif tipe tgt (teams games tournament) dilengkapi dengan teka-teki silang bagi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),1(1), 89-96.
Hamalik, O. (2005). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristina, E. (2012). Pengaruh penggunaan media komputasi dengan pendekatan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banawa pada materi larutan penyangga (Skripsi S1). Universitas Tadulako, Palu.
Kurniawan, W. D. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran mekatronika berbasis komputer pokok bahasan programmable logic controller berorientasi pada pembelajaran langsung. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa, 1(1), 1-10.
Lucia, M. (2012). Penerapan tehnik dua tinggal dua tamu diawali tugas meringkas dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 1 Lengayang tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan. STKIP PGRI SUMBAR.
Novita, W. (2012). Perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu dan konvensional mata pelajaran menggunakan hasil pengukuran di SMKN 1 Lintau Buo. FT Universitas Negeri Padang. 1-13.
Nurkhasanah. L., Mulyani. B., & Utomo, S. B. (2013). Efektifitas pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dan think pair square (tpsq) melalui pemanfaatan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid kelas XI SMA N 4 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 24-30.
Qomariyah, I., & Badriyah, L. (2010). Upaya peningkatan ketrampilan berargumentasi pendidikan agama islam dengan metode two stay two stray pada siswa kelas XI di SMA Al-Muniroh Ujung Pangkal Gresik. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 37-52.
Rahma, R. A., & Lutfi, A. (2013). Pemanfaatan media permaianan tradisional sebulir sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar struktur atom. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 59-63.
Saraswati, D., Soedjoko. E., & Susilo, B. E. (2012). Penerapan pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat. UJME, 1(1), 31-36.
Setiawan, I. G. A. N. (2008). Penerapan pengajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning. Bandung: Nusa Media.
Subratha, N. (2007). Pengembangan model pembelajaran dan strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 135-147.
Suci, N. M. (2008). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar teori akutansi mahasiswa jurusan ekonomi Undiksha. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 74-86.
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Wardhani, I. Y, Sajidan., & Maridi. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray disertai media audio-visual untuk meningkatkan kualitas belajar biologi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(1), 40-55.
Zulirfan. (2009). Hasil belajar ketrampilan psikomotor fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tps dan tsts pada siswa kelas X MA Dar El Hikmah Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains, 3(1), 43-47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By