Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampelas
Abstract
Keywords
References
Amin, D. N., Antonius, T. W., & Sudarmin. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi pada materi konsumsi dan investasi berbasis humanistik model kooperatif two stay two stray (tsts). Journal Innovative of Curriculum and Educational Technology, 1(2), 114-120.
Anggraeni, D. (2011). Improving social instructional quality by cooperative model, course review horay type at fourth SDN Sekaran 1 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 196-197.
Dewi, P. (2009). Remediasi miskonsepsi siswa SMA kelas X pada bahan kajian struktur atom melalui penggunaan software multimedia interaktif. (Skripsi Tidak Diterbitkan). FPMIPA UPI, Bandung.
Hamalik, O. (2004). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinda.
Indriyani, C. (2011). Peningkatan kualitas pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (tsts) pada siswa kelas IV SD Tambakaji 5 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitan Negeri Semarang.
Ismawati, N., & Hindarto. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural two stay two stray (tsts) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Boja. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 38-41.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2002). Penilaian bermakna sebuah proses kooperatif. Boston: Allyn & Bacon.
Junaryadi, B. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal of Elementary Education, 1(1), 20-23.
Lie, A. (2008). Cooperative learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Masitoh. (2011). Strategi pembelajaran. Diunduh kembali dari http:// file.upi.edu/Di rektori/FIP/JUR._ K U R I K U L U M _ D A N _ T E K . _ PENDIDIKAN/194806261980112- MASITOH/Strategi_Pembelajaran-Dra._Masitoh,_M.Pd.pdf.
Muhammad, I. (2011). Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang melalui pendekatan realistik (suatu penelitian pada anak kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Malaka Aceh Besar). Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 10(1), 6.
Purmiati, R. (2012). Penerapan metode kooperatif tipe two stay two stray (tsts) untuk peningkatan aktivitas belajar IPA siswa di SMP Negeri Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 4-6.
Qomariyah, I. & Badriyah, L. (2010). Upaya peningkatan keterampilan berargumentasi pendidikan agama islam dengan metode two stay two stray (tsts) pada siswa kelas XI di SMA Al-Muniroh Ujung Pangkah Gresik. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 37–52.
Ratnasari. (2012). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 96-102.
Rusman, S. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi di kelas VIII Amtsn Kertapati Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 6(1), 12-17.
Samtono. (2010). Guru sebagai key person dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sekolah. Among Makarti, 3(6), 95.
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Suryana, F, A., & Sunarti, T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi ipa terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(1), 77-80.
Suprayekti, (2003). Interaksi belajar mengajar. Departemen Pendidikan Nasional.
Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 1(2), 71-77.
Yusuf. (2012). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (tsts) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada kelas X SMK Ardjuna 2 Malang). Jurnal Diklat Kewirausahaan, 3(1), 1-14.
Zulirfan. (2009). Hasil belajar keterampilan psikomotor fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tps dan tsts pada siswa kelas X Ma Dar El Hikmah Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains, 3(1), 43-47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By