PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PASANGKAYU
Abstract
Keywords
References
Afriani, L. (2005). Optimalisasi pembelajaran termokimia melalui alat bantu peta konsep yang diperkuat dengan metode penyelesaian soal secara sistematis. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Tadulako, Palu.
Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aqidah, N. (2012). Penerapan pembelajaran partisipatif strategi true false dalam kegiatan belajar mengajar kimia pokok struktur atom pada siswa kelas X SMA Alkhairat Palu. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Tadulako, Palu.
Christianti, & Sudarmin, T. S . (2012). Model pembelajaran guided note taking berbantuan media chemo-edutainment pada materi pokok koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, (1), 27-31.
Ilma, A. (2011). Penerapan strategi pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Malang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang, Malang.
Jamil, Y. M., & Munoto. (2013). Pengaruh model pembelajaran aktif dengan strategi guided note taking terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMK 2 Bojenogoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3), 903-911.
Kartimi., & Liliasari. (2012). Pengembangan alat ukur berfikir kritis pada konsep termokimia untuk siswa SMA peringkat atas dan menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 21-26.
Lopiccolo, O. S. (2011). Implementing guided note taking to improve stuedent learning of energi saving construction techniques. Journal of Education Technologi System, 19, 29-30.
Nurhayati, S., Sudarmin., Mahatmanti, F. W., & Khodijah, F. D. (2009). Kefektifan pembelajaran berbasis question student have dengan bantuan chemo-edutainment media key relation chart terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 379-384.
Octaviani, H. (2011). Pengaruh senam kegel terhadap kejadian laserasi perineum pada primipara di bidan praktek swasta Semarang tahun 2011. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.
Puspaningrum, R. (2009). Kontribusi pendekatan pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga ditinjau dari konsenrasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Wirosari. (Skripsi tidak dipublikasikan). Semarang: Universitas Negeri Semarang,
Rahmani, M., & Sagedhi, K. (2011). Effects of note-taking training on reading comprehension and recall. Journal International, 11(2), 78-79.
Rosilawati, I., & Sunyono. (2008). Meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep termokimia melalui pembelajaran penemuan terbimbing SMA Perintis 1 Bandar Lampung. JPP, 6(1), 70.
Sudjana. (2002). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukarta, N. I. (2010). Penerapan pendekatan kontekstual menggunakan model kooperatif pada pembelajaran kimia dan pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3, 199-206.
Sulistiyani, S. N. (2012). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan metode guided note naking pada materi diklat memilih bahan baku busana di SMK Negeri 4 Yokyakarta. (Skripsi tidak dipublikasikan). Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.
Sulistyaningrum, D. E. (2012). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran guided note taking dengan mengoptimalkan penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Kebakkramat tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidkan Biologi, 4(1), 68-77.
Wahyuni, S., & Kristianingrum, A. (2008). Meningkatkan hasil belajar kimia dan peran aktif siswa melalui model PBI dengan media CD interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 199-208.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By