PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 PALU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DAN KONVENSIONAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
Abstract
Keywords
References
Albertus, D. K. (2009). Pendidik karakter di zaman keblinger: Mengembangkan visi guru sebagai pelaku perubahan dan pendidik karakter. Diunduh kembali dari http://books.google.co.id.
Anggraeni, D. (2011). Inproving social instructional quality by cooperative model, course review horay type at fourth SDN sekaran 01 semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 196-197.
Anggriani, W. (2012). Pengaruh pembelajaran kimia dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) melalui metode eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar ditinjau dari minat berwirausaha siswa pada materi destilasi kelas X SMK negeri 2 sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia. JPK, 1(1), 80.
Hermawan, P. (2014). Pengaruh model kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo), 2(1), 1-6.
Malechah, N. (2011). Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran course review horay (CRH) dan model pembelajaran scramble berbantuan LKS pada pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII semester II SMPN 2 sayung demak tahun pelajaran 2010/2011. IKIP PGRI, Semarang.
Muhammad, I. (2011). Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang melalui pendekatan realistik (suatu penelitian pada anak kelas VIII SMP negeri 1 Kuta Malaka Aceh besar). Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 10(1), 6.
Nugroho, U. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(3), 108.
Pujayanti, P., Murda, I Nym., Wibawa, & I Md C. (2013). Pengaruh model pembelajaran course review horay berbantuan media gambar terhadap hasil belaar ipa siswa kelas IV gugus VIII Munduk. Mimbar PGSD, 1 (1), 1-11.
Samtono. (2010). Guru sebagai key person dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Among Makarti, 3(6), 95.
Sugandi, E. (2012). Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada siswa kelas X akutansi 1 SMK negeri 1 surabaya tahun ajaran 2011/2012. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana.
Suryana, F. A., & Sunarti, T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi ipa terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas viii smpn 1 Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(1), 77-80.
Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 1(2), 71-77.
Umar, E. (2011). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui belajar kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Inovasi, 8(3), 102.
Yuanita, R. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kelarutan di kelas XI SMA negeri 5 Pekanbaru. Universitas Riau.
Zarkasyi, I. (2010). Meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui cooperative learning tipe student teams achievement division pada siswa-siswi kelas V/b SD darul ulum bungurasih waru sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 13.
Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran Kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Jurnal Guru Membangun, 26(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By