PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 LORE UTARA
Abstract
Keywords
References
Anom, W. K. (2001). Peningkatan kemampuan guru mengaktifkan siswa belajar kimia melalui jenjang evaluasi, Forum Kependidikan, 2(4), 21-23, 188-189.
Amstrong, E. K. (2012). Applications of role-playing in tourism management teaching; an evalution of a learning method. Journal of Hospital, Leisure, Sport and Tourism Education, 2(1), 5-16.
Aritonang, K. T. (2007). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 11-21.
Ayu, G. N. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantukan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia di sma negeri 7 palu. skripsi tidak diterbitkan. Palu: Universitas Tadulako.
Baroroh, K. (2011). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi &Pendidikan, 8(2), 149-163.
Blatner, A. (1995). Drama in education as mental hygiene: A child psychiatrist’s perspective. Youth Theatre Journal, 9, 92-96.
Cherif, A., Verma, S., & Summervill, C. (1998). From the los angeles zoo to the classroom. The American Biology Teacher, 60(8), 613-617.
Cornelius, S., Gordon, C., & Harris, M. (2011). Role engagement and anonymity in synchronous online role play. Journal The International Review of Research In Open And Distance Learning, 12(5), 6-17.
Cracium, D. (2010). Role-playing as creative method in science education. Journal of Science And Arts, 12(1), 175-182.
Douglas, K., & Johnson, B. (2010). Legal education and e-learning; online fishbowl role-play as a learning teaching strategy in legal skills development. Mordach University Electronic Journal of Law, 17(1), 28-46.
Grafton, A. K. (2011). Using role-playing game dice to teach the concepts of symmetry. Journal of Chemical Education, 88, 1281-1282.
Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hill, S. A., Lam, P., & Yu, H. (2010). Beyond role playing: Using drama in legal educational. Journal of Legal Education. 60(1), 147-156.
Kamdi, W. (2009). Role playing sebagai pembelajaran pembelajaran efektif. Diunduh Kembali dari www.google/ waraskamdi.blogspot.com
Kardoyo., & Hayuningtyas, M. E. (2009). Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran ps-ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 141-180.
Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas v SDN Cileunyi i kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1-5.
Kerr, D., Troth, A & Pickering, A. (2000). The use of role playing to help student understand information system case studies. Journal of Informations System Education, 14(2), 167-171.
Magos, K., & Politi, F. (2008). The creative second language lesson: The contribution of the role-play technique to the teaching of a second language in immigrant classes. RELC Journal, 39(1), 96-112.
Manzoor, I., Lam, P., & Yu, H. (2012). Medical student prespective about role-plays as a teaching strategy in community medicine. Journal the College of Physicians and Surgeons Pakistan, 22(4), 222-225.
Mudairin. (2009). Role playing: Suatu alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenagkan dalam meningkatkan keterampilan murid. Diunduh kembali dari http://www.infodiknas.com.
Muhammad, I. (2011). Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang melalui pendekatan realistik (suatu penelitian pada anak kelas viii SMP Negeri 1 Kuta Malaka Aceh Besar). Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 10(1), 1-11.
Poorman, P. B. (2002). Biography and role-playing: Fostering empathy in abnormal psychology. Teaching of Psychology, 29(1), 32-36.
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Porter, A. L. (2008). Role-playing and religion: using games to educate millennials. Teaching Theology and Religion, 11, 230- 235.
Rahman, A., & Deviyanti, R. (2012). Correlation between student motivation and their speaking ability. Jurnal Ilmiah Essay, 6(1), 1-18.
Saptono, L. (2010). The implementation of role-playing model in principles of finance accounting learning to improve students’ enjoyment and students’ test scores. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 71-81.
Shapiro, S., & Leopold, L. (2012). A critical role for role-playing pedagogy. Journal/ Revue Tesl Du Canada 121, 29(2), 120- 130.
Simpson, J. M., & Elias V. L. (2011). Choices and chances: The sociology role-playing game-the sociological imagination in practice. Teaching Sociology, 39(1), 42-56.
Siswandi, H. J. (2006). Meningkatkan keterampilan berkomunikasi melalui metode diskusi panel dalam mata pelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar (penelitian tindakan kelas), Jurnal Pendidikan Penabur, 7, 24-35.
Slamet, S., Fatimah, S., & Widiastuti, H. (2009). Pelatihan pengajaran bahasa inggris metode role playing untuk guru Sekolah Dasar. Jurnal WARTA, 12(2), 137-145.
Smith, E., & Boyer, M. (1996). Designing in-class simulations. Ps. Political Science and Politics, 29(4), 690-694.
Sugiharti, G. (2009). Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran struktur atom di kelas x MAN 1 Medan tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Matematika dan Sains, 4(1), 18-22.
Suteja, R. B., & Setiawan, F. (2008). Implementasi role playing game berbasis flash. Jurnal Informatika, 4(1), 83-91.
Syawal, S. (2011). Pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain peran terhadap kompetensi sosial kognitif siswa (studi kuasi eksperimen pada Sekolah Dasar Negeri sl dan cg – di Bandung). Pekbis Jurnal, 3(2), 504-511.
Wasimin, (2009). Peningkatan kompetensi berbicara siswa SD melalui metode role playing. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 188-198.
Yunitha, S. E. (2010). Dampak penerapan metode role playing terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kepekaan sosial siswa (studi eksperimen kuasi penerapan metode role playing pada pelajaran ips kelas ix SMP Negeri 2 Silat Hilir Kapuas Hulu – Kalimantan Barat). VOX Edukasi, 1(2), 15-28.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By