PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMK NEGERI PARIGI SELATAN
Abstract
Keywords
References
Agung, T. P., Sigit P., & Miftakhudin. (2008). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan pendekatan chemo-edutainment terhadap hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 287-293.
Arifin., & Mulyati. (1995). Pengembangan program pengajaran bidang studi kimia. Surabaya: Airlangga University Press.
Arikunto S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Bovee, C. V. T. (1997). Instructional media education: Terjemahan oleh A. Arsyad. Penggunaan Media pembelajaran Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Christianti, S. T., & Subroto. (2012). Model pembelajaran guided note taking berbantuan media chemo-edutainment pada materi pokok koloid. Jurnal pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 27-31.
Demaja & Cristiana. (2004). Pengaruh penggunaan bahan ajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Di unduh kembali dari http://artikell.us/cristiana6-04.html/.
Depdikbud. (1996). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2003). Metode penelitian tindakan kelas. Jakarta: Depdiknas.
Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan pendekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur. 1(4), 47-54.
Nandi. (2006). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran geografi di sekolah. Jurnal GAE Pendidikan Geografi, 6(1), 113-120.
Nurdiansyah, A. (2011). Penggunaan macromedia flash. Di unduh kembali dari http://blogspot.com/2011/03/ penggunaan-macromedia-flash-dalam. html.
Hamalik, O. (2005). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Osman, K., Iksan, H. J., & Halim, L. (2007). Sikap terhadap sains dan sikap saintifik di kalangan pelajar sains. Jurnal Pendidikan, 32(4), 39-60.
Rabiatul, A. J., & Halimah B. Z. (2011). Pengembangan software cerita animasi interaktif untuk pendidikan sains. Jurnal Teknologi Pendidikan Malaysia. 1(4), 94-103.
Rahman, A. (2011). Penelitian tindakan kelas decentralized basic education3. Jurnal PTK DBE3, 1(1), 1-91.
Sardirman, A. M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Prasada.
Setiawan, I G. N. D. (2011). Lomba media pembelajaran tingkat nasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (1995). Pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1990). Penilaian hasil proses belajar
mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sidin, R. L. J., Abdulloh, K., & Muhamed, P. (2001). Pembudayaan sains dan teknologi: Kesan pendidikan dan latihan di kalangan belia di Malaysia. Jurnal Pendidikan 27, 1(2), 35-45.
Sudria, N., Wayan I. R., & Samiasih, L. (2011). Pengaruh pembelajaran interaktif laju reaksi berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1), 25-33.
Sumardi., Marzano., & Mary, E. (2011). Pemanfaatan “sms” sebagai media pengajaran membaca dan menulis permulaan di kelas rendah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 34-42.
Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasidalam pengajaran survei pada guru-guru sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 35-45.
Suyadi. (2010). Panduan penelitian tindakan kelas (PTK). Yogyakarta: Diva Press.
Suyanto. (1997). Pedoman pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti.
Wahab, J. A. (2008). Filosofi pengembangan pendidikan sains dalam proses tranformasi sains, teknologi dan nilai-nilai kemanusiaan. Jurnal Pijar MIPA, 3(2), 47-52.
Wahyudin., Sutikno., & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 58-62.
Wihdati, S., & Sukarmin. (2012). pengembangan media pembelajaran pada materi pokok elektrokimia kelas x SMA, Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 54-62.
Zainuddin, M., & Lailan, S. J. (2007). Efektifitas kombinasi media dalam peningkatan hasil belajar kimia siswa MAN pada pembelajaran sistem koloid. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 103-109.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By