HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Indah Puspasari Kiay Demak, Farah Andini J. Juraejo, I Kadek Rupawan

Abstract


Latar Belakang: Pada saat ini seorang dokter dituntut untuk memiliki berbagai macam keterampilan untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada pasien. Menurut SKDI terdapat 7 area kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dokter di Indonesia, dengan urutan sebagai berikut: profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis dan pengelolaan masalah kesehatan. Berdasarkan hal tersebut di ketahui bahwa seorang dokter harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Rasa percaya diri juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Dalam pendidikan kedokteran yang menggunakan metode pembelajaran PBL, rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh individu. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajaran problem based learning pada mahasiswa tahun kedua program studi  kedokteran universitas tadulako. Metode: Jenis rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional (potong lintang). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling yang terdiri dari 55 mahasiswa kedokteran untad tahun kedua. Hasil: Berdasarkan 55 sampel yang diteliti, terdiri dari 16 responden berjenis kelamin laki-laki dan 39 responden berjenis kelamin perempuan. Hasil uji statistik menggunakan Gamma diperoleh nilai p =  0,372. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan tingkat kepercayan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajran Problem Based Learning pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran universitas tadulako.


Keywords


Kepercayaan diri, Kemampuan komunikasi, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Healthy Tadulako



Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)
ISSN 2502-0749
Published by Universitas Tadulako
W : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/index
E : healthytadulako@gmail.com

Dewan Redaksi :    +6285242303103 (wa)

                          

Creative Commons License
Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.