Hubungan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala

Ramlah Ramlah

Abstract


Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional atau analisis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala yaitu kelas X dengan jumlah 108 siswa, dengan jumlah sampel 16 responden dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) sebesar 0,261 yang berarti bahwa hubungan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar geografi siswa mempunyai tingkat hubungan dalam kategori rendah. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinan membuktikan bahwa besarnya hubungan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar geografi siswa adalah sebesar 6,8% dan sisanya 93,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Serta berdasarkan hasil perhitungan statistik uji t untuk menentukan hipotesis maka dapat diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah (variabel X) terhadap hasil belajar geografi siswa (variabel Y) kelas X SMA Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala.

Kata Kunci : Fasilitas Belajar Di Rumah; Hasil Belajar Geografi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.