STUDI TENTANG INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS KAILI DAN ETNIS BUGIS DITINJAU DARI ASPEK CIVIC RESPONSIBILITY DI DESA SILAMPAYANG KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Darmawansyah AR Mamma

Abstract


STUDI TENTANG INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS KAILI DAN

ETNIS BUGIS DITINJAU DARI ASPEK CIVIC RESPONSIBILITY

DI DESA SILAMPAYANG KECAMATAN KASIMBAR

KABUPATEN PARIGI MOUTONG

 

Darmawansyah AR. Mamma[1]

Kaharuddin Nawing[2]

Hasdin[3]

 

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk Kerjasama dari Interaksi Sosial antara Etnis Kaili dan Etnis Bugis ditinjau dari Aspek Civic Responsinility di Desa Silampayang, Untuk Mengetahui Bagaiman Bentuk-bentuk Persaingan dari Interaksi Sosial antara Etnis Kaili dan Etnis Bugis ditinjau dari Aspek Civic Responsibility di Desa Silampayang dan Untuk mengetahui dampak Interaksi sosial etnis kaili dan etnis bugis di Desa Silampayang Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kaili, masyarakat bugis tokoh masyarakat di Desa Silampayang Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 1.881 jiwa atau 451 (KK). Penentuan sampel dilakukan dengan menetapkan sebanyak 10 orang informan yang terdiri dari 3 orang tokoh masyarakat, 3 orang masyarakat Etnis Kaili, 3 orang etnis bugis dan 1 lagi dari pihak kepolisian. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang terjalin antara keduanya yaitu Etnis Kaili dan Etnis bugis sangatlah baik, penuh keharmonisan dan penuh tanggungjawab. Kedua etnis tersebut selalu bekerjasama dan saling membantu jika salah satu pihak ada yang terkena musibah. Masyarakat Etnis kaili sangat senang menjalin hubungan kerjasama dengan Etnis bugis, karena bagi mereka Etnis Bugis selalu memberi motifasi dan selalu membagikan pengalaman kerja kepada mereka. Di mana dengan kedatangan masyarakat Etnis Bugis banyak membawa perubahan dalam berbagai hal misalnya kemajuan Desa, perkembangan ekonomi masyarakat setempat, akulturasi kebudayaan yang telah menyatu. Dampak yang di timbulkan hanyalah berupa kesenjangan sosial seperti terjadi kesalah pahaman antara kedua Etnis tersebut. Namun semuanya bisa teratasi dengan baik melalui musyawarah antara tokoh–tokoh masyarakat dengan para masyarakat dari kedua Etnis tersebut.

 

 

 

 

Kata Kunci: Interaksi Sosial; Etnis Kaili dan Etnis Bugis;Civic Responsibility.


[1] Penulisadalahmahasiswa Prodi PPKn Jurusan Pendidikan IPS FakultasKeguruandanIlmuPendidikan Universitas Tadulako. Stambuk A 321 12 083.

[2] Pembimbing I

[3] Pembimbing II


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.