IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn (STUDI PADA SMA NEGERI 6 PALU)
Abstract
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PROSES
PEMBELAJARAN PKn (STUDI PADA SMA NEGERI 6 PALU)
Arfian Ramadan Bio[1] Kaharuddin Nawing[2] Amran Mahmud[3]
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penanaman nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PKn di SMA Negeri 6 Palu dan untuk mengetahui bagaimana perwujudan nilai-nilai demokrasi pada siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, guru PKn, dan pimpinan SMA Negeri 6 Palu. Sampelnya adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 21 orang siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi penanaman nilai-nilai demokrasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran PKn di kelas XI IPA 1 dilakukan melalui dua strategi. Pertama, melalui konten materi pelajaran yang mencakup Hak Asasi Manusia, perilaku budaya demokrasi, persamaan kedudukan warga negara, dan tahap-tahap pembuatan perjanjian internasional. Kedua, melalui metode yang pembelajaran yang bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan diskusi kelas. Perwujudan nilai-nilai demokrasi yang tampak dan diserap oleh siswa adalah toleransi, kerjasama, saling menghormati, kebebasan berpendapat, dan kepercayaan diri di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai-nilai demokrasi melalui berbagai metode pembelajaran dapat menjadikan siswa menyerap nilai-nilai tersebut baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Implementasi; Nilai-nilai Demokrasi; Metode Pembelajaran.
[1] Penulis adalah mahasiswa PPKn Jurusan Pendidikan IPS Fakultas FKIP Universitas Tadulako, Semester X Stambuk A 321 12 094
[2] Pembimbing I
[3] Pembimbing II
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.