https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE DOSKUSI DI KELAS VIII B3 SMP NEGERI 14 PALU | Dalle | EDU CIVIC

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE DOSKUSI DI KELAS VIII B3 SMP NEGERI 14 PALU

Sumardi Hi Dalle

Abstract


MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE DOSKUSI DI KELAS VIII B3 SMP

NEGERI 14 PALU

 

Sumardi Hi dalle1

Anthonius Palimbong2

Amran Mahmud3

 

ABSTRAK

 

 

 

Sumardi   Hi   Dalle   2017,   Meningkatkan   Motivasi   Belajar   Siswa   Pada

Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di Kelas VIII B3 SMP   Negeri I4

Palu.  Skripsi,  program  studi  Pendidikan  Pancasiala  dan  Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas keguruan Dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing   (1) Anthonius Palimbong, (II) Amran Mahmud. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Palu. Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan prestasi siswa menurun. Rumusab masalah pada penelitian ini apakah penerapan metode diskusi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B3 pada mata pelajaran PKKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B3 SMP Negeri 14 Palu dengan menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitaian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitia ini adalah kelas VIII B3 SMP Negeri 14 Palu yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 50% dengan kriteri cukup meningkat pada siklus II mencapai 96, 87% dengan kriteria sangat baik, hasil observasi aktivitas motivasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata mencapi 57,87% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 84,12 % dengan kriteria baik, hasil perolehan  angket  motivasi  belajar  angket  pada  siklus I  dengan  nilai  rata -rata mencapi 62,58% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapi 82,5% dengan kriteria baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

 

Kata kunci : Metode Diskusi, Pelajaran PKn, Motivasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.