MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE DOSKUSI DI KELAS VIII B3 SMP NEGERI 14 PALU
Abstract
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE DOSKUSI DI KELAS VIII B3 SMP
NEGERI 14 PALU
Sumardi Hi dalle1
Anthonius Palimbong2
Amran Mahmud3
ABSTRAK
Sumardi Hi Dalle 2017, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada
Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di Kelas VIII B3 SMP Negeri I4
Palu. Skripsi, program studi Pendidikan Pancasiala dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas keguruan Dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Anthonius Palimbong, (II) Amran Mahmud. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Palu. Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan prestasi siswa menurun. Rumusab masalah pada penelitian ini apakah penerapan metode diskusi dapat menigkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B3 pada mata pelajaran PKKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B3 SMP Negeri 14 Palu dengan menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitaian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitia ini adalah kelas VIII B3 SMP Negeri 14 Palu yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 50% dengan kriteri cukup meningkat pada siklus II mencapai 96, 87% dengan kriteria sangat baik, hasil observasi aktivitas motivasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata mencapi 57,87% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 84,12 % dengan kriteria baik, hasil perolehan angket motivasi belajar angket pada siklus I dengan nilai rata -rata mencapi 62,58% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapi 82,5% dengan kriteria baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
Kata kunci : Metode Diskusi, Pelajaran PKn, Motivasi Belajar Siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.