Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X A pada Pembelajaran PKn di SMA Negeri 1 Marawola dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok

Kartini Tawil

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada pembelajaran PKn di kelas X A SMA Negeri 1 Marawola.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang dimulai dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi data dan analisis data kualitatif. Validasi data terdiri dari empat tahapan yaitu triangulasi,  member check,  audit trail dan expert opinion. Selanjutnya untuk analisis data kualitatif  menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran PKn dengan materi Dasar Negara dan Konstitusi Negara, penggunaan metode diskusi kelompok yang dilaksanakan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X A SMA Negeri I Marowola. Hal terebut dapat dilihat dari siklus I dan II. Berdasarkan lembar hasil observasi aktivitas mengajar guru diperoleh presentase skor siklus I pertemuan pertama 60% dan pertemuan kedua 68, 33%, presentase skor siklus II pertemuan pertama 71,67 dan pertemuan ke dua 85%. Berdasarkan lembar hasil observasi keaktifan belajar siswa diperoleh presentase skor  siklus I pertemuan pertama 58,33% dan pertemuan kedua  69,17%, presentase skor siklus II pertemuan pertama 78,34 dan pertenuan kedua 91,67%.

 

Kata Kunci:  Keaktifan Belajar  Siswa, Metode Diskusi Kelompok.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.