MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIMODELPEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS TIPE LEARNING CYCLEPADA PEMBELAJARAN PKn KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BIROMARU

Juswanto Juswanto

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Biromaru. Sehubungan dengan upaya meningkatkan hasil beljar siswa maka dalam penelitian ini dipilih dan diterapkan model pembelajaran konstruktivis tipe learning cycleyang dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi PKn, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metodologi tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan tes.Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivistipelearning cycleterjadi peningkatan hasil belajar siswa.Hal ini terlihat pada hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 72,91% dan hasil analisis data observasi aktivitas siswa memperoleh persentase skor rata-rata 72,72% hasil ini masih tergolong cukup, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus selanjutnya, pada sikllus II hasil analisis data observasi aktivitas guru dan siswa memperoleh peningkatan, hasil analisis data observasi aktivitas guru memperoleh persentase  rata-rata sebesar 89,58% dan hasil analisis  data  observasi  aktivitas  siswa  memperoleh  persentase  rata-rata  sebesar

88,63% hasill ini tergolong baik. Adapun hasil analisis tes akhir tindakan pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan klasikal siswa sebesar 76,92% dengan persentase daya serap klasikal 76,54%, hasil ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah yaitu 80%, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II. Pada tes akhir tindakan siklus II diperoleh nilai ketuntasan klasikal siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 92,31% dengan persentase daya serap klasikal sebesar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah SMA Negeri

1 Biromaru yaitu 75% untuk daya serap klasikal dan 80% untuk ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan indikator kinerja maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran constructivist tipe learning cyle, dapat, meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Biromaru.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.