Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Mepanga
Abstract
Adapun permasalahan dalam penelitian ini 1. Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi siswa tidak disiplin, 2. Upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mendisiplinkan siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, 1. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi siswa tidak disiplin. 2. Untuk mengetahui upaya-upaya apa yang dilakukan guru untuk mendisiplinkan siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bp, Wali Kelas IXA dan Wali Kelas IXB beserta siswa yang tidak disiplin kelas IXA dan IXB. Cara pengambilan data ini dilakukan dengan cara : observasi, wawancara dan angket. Observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk angket diolah menggunakan teknik analisis data menggunakan presentase.
Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa yang melakukan pelanggaran disiplin masih ada tetapi relatif kecil dengan adanya sanksi dan hukuman yang diberikan disekolah serta upaya para guru dalam menanamkan disiplin kepada siswa. Adapun faktor yang menyebabkan siswa tidak disiplin adalah bawaan dari siswa itu sendiri, teman-teman sebayanya baik yang ada dilingkungan sekolah maupun yang ada diluar sekolah dan penggaruh dari orang tua. Dimana guru juga dapat mempengaruhi untuk siswa menjadi tidak disiplin, dikarenakan kurangnya penguasaan kelas dan cara mengajar yang yang baik. Pemberian sanksi dianggap efektif dalam hal mendisiplinkan selama masih dalam batas kewajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Guru dan Disiplin Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.