PENERAPAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL PADA PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII a SMP NEGERI 1 PASANGKAYU
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran coopertif tipe STAD melalui pendekatan contextual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII a SMPN 1 Pasangkayu?.Siswa yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII a yang berjumlah 29 orang siswa.Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII a SMP Negeri 1 Pasangkayu dengan mengunakan penerapan kooperatif learning tipe STAD melalui pendekatan contextual pada pembelajaran PKn.Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus dengan prosedur (1)orentasi; (2) perencanaan;(3) pelaksanaan tindakan; (4) observasi;(5) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,catatan lapangan, dan hasil tindakan (evaluasi). Validasi data terdiri dari empat tahapan (1) triangulasi; (2) member chek; (3) audit trail; (4) ekspert opinion.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa pada pertemuan pertama dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 63%,pertemuan kedua nilai rata-rata 73% dalam kategori baik,sementara observasi aktivitas guru pertemuan pertama dengan nilai rata-rata73% ,pertemuan kedua nilai rata-rata
80% dalam kategori baik. Daya serap klasikal pertemuan pertama 34,48% pertemuan kedua 58,62%. Daya serap individu pertemuan pertama 67,82% pertemuan kedua 74,48%. Siklus II observasi aktivitas siswa dengan nilai rata-rata
92%,observasi aktivitas guru dengan nilai rata-rata 94%. dan daya serap klasikal
86,20%. Daya serap individu 81.65%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan coopertif learning tipe STAD dengan pendekatan contextual meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII a SMPN 1 Pasangkayu.
Kata kunci:Model Pembelajaran cooperatif tipe STAD;Hasil belajar siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.