PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 DOLO

Hasdin Hanis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Dolo pada pembelajaran PKn melalui model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini mengikuti tahap penelitian yang disebut siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dolo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 tahun ajaran 2012/2013  dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara tes, observasi, dan wawancara. Ada 2 teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu persentase ketuntasan klasikal dari 72,7% pada siklus 1 menjadi 86,4% pada siklus 2 dan rata-rata hasil belajar meningkat dari 7,0 pada siklus 1 menjadi 7,5 pada siklus 2. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PKn kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Dolo.

Kata kunci: Model Pembelajaran, TGT, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.