Studi Tengtang Kreatifitas Siswa dalam Pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan. Ogodeide Kabupaten. Tolitoli
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa tentang kreatifitas dan bentuk-bentuk kreatifitas siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yaitu analisis yang menjawab masalah penelitian dalam bentuk deskripsi. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data yaitu secara deskriptif kualitatif yang mengacu pada Sugiono (2004:43 )2 seperti reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui opservasi, angket dan wawncara. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli yang berjumlah
55 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kreatifitas siswa dan bentuk-bentuk kreatifitas dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1
Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli sangat baik dilihat dari
kegiatan siswa di dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu yang sangat tinggi yang menjadi modal awal bagi siswa untuk berfikir kreatif dan faktor lingkungan sekitar siswa serta lingkunga sekolah yang juga sangat mendukung, ditambah lagi dengan motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua sehinga kreatifitas siwa di SMP Negeri 1 Ogodeide Kecamatan Ogodeide Kabupan Tolitoli menurut hasil penelitian ini sangat memberikan manfaat dilihat dari keberaniaan siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapt.
Kata Kunci: Kreatifitas Siswa, Pembelajaran PKn.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.