Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Jigsaw Pada Pembelajaran PKn di Kelas IXA SMP Negeri 7 Biromaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 7 Biromaru pada pembelajaran PKn melalui metode Jigsaw rumusan masalah dalam penelitan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “apakah dengan penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IX A SMP Negeri Biromaru ?
Siswa yang terlibat sejak penelitian adalah kelas IX A yang berjumlah 18 orang pada tahun ajaran 2012/2013.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obserpasi, dan wawancara. Validasi data terdiri dari empat tahapan (1) triangulasi; (2) member chek; (3) audit trial; (4) ekspert opinion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode jigsaw pada pelajaran PKn terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I pertemuan pertama yakni siswa yang tuntas 6 dari 18 siswa atau persentase ketuntasan klasikal 33,33% dan daya serap klasikal 64,11 %, siklus I pertemuan kedua yakni siswa yang tuntas 9 dari 18 siswa atau persentase ketuntasan klasikal 50 % dan daya serap klasikal 72,94 % serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II siswa yang tuntas 16 dari 18 siswa di peroleh ketuntasan Klasikal 88,88% dan daya serap klasikal sebesar 78,44 %, dinyatakan meningkat pada siklus II.
Kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw pada siklus I dan II dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode jigsaw khususya kelas IXA SMP Negeri 7 Biromaru pada mata pelajaran PKn.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Jigsaw.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.