Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Mepanga Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran PKn

AGUS AGUS

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran PKn, dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 3 Maepanga.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan prosedur (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Observasi; (4) Refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menjadi observer dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi; (2) Wawancara. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validasi data dan analisis data kualitatif. Validasi data terdiri dari empat tahapan (1) Triangulasi; (2) Member check; (3) Audit trail; (4) Expret opinion. Selanjutnya untuk analisis data kualitatif menggunakan model Miller dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan materi pentingnya penerapan demokrasi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, penerapan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran PKn di kelas  VIIIA SMP Negeri 3 Maepanga, sudah efektif. Hal ini bisa dilihat dari efektifitas guru PKn dalam  mengorganisasikan siswa secara heterogen membentuk siswa dalam kelompok dan kemudian membimbing siswa dalam pembelajaran menggunakan model Role Playing. Berdasarkan lembar observasi di peroleh nilai rata-rata siklus I 55% dan siklus II 70%. Selanjutnya dengan penerapan model pembelajaran Role Playing  keaktifan siswa meningkat dimana antusias siswa dalam mengikuti pelajaran PKn begitu besar, aktifitas siwa dalam kelompok bermain peran yaitu siswa aktif, berani mengemukakan pendapat, kekompakan dan menderamatisi peran yang diberikan. Dari lembar observasi  diperoleh nilai siklus I 58,33% dan siklus II 70%.

 

Kata kunci : Keaktifan Belajar Siswa Model Pembelajaran Role Playing”



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.