https://portalderevistas.uam.edu.ni/files/toponline/ http://210.57.208.166/obctoponline/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 02 BAMBALAMOTU | Idris | EDU CIVIC

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 02 BAMBALAMOTU

Faizar Idris

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang.  Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan prosedur penelitian yaitu pra tindakan, rencana tindakan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi guru dan siswa siklus 1 dan 2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada ketegori cukup dengan hasil presentase rata-rata yang diperoleh 69,23% Hal ini disebabkan masih kurangnya peran guru dalam membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran, membimbing siswa dalam mengerjakan Lks, dan dorongan agar siswa  lebih aktif dan bekerjasama dalam kelompok. partisipasi siswa pada siklus I berada pada ketegori cukup dengan hasil presentase rata-rata yang diperoleh 57,8% karena masih banyak siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan malu untuk mengemukakan pendapatnya. Pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi 85,57% dalam kategori sangat baik ini di karenakan guru sudah dapat membimbing siswa dalam mengikuti pembelajaran investigasi kelompok, dan partisipasi siswa meningkat menjadi 75,5% dalam kategori baik karena hampir semua siswa berpartisipasi dalam pembelajaran investigasi kelompok. Meningkatnya hasil yang di dapatkan pada siklus 1 dan II maka dapat disimpulkan bahwa  melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas VIII A pada pembelajaran PKn dengan pokok bahasan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia dan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.

 

Kata Kunci:  investigasi kelompok, partisipasi siswa, Pembelajaran PKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.